Bimnews24.com.Palas , Festival Wirausaha UMKM yang diperakarsai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) l dengan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) , Dinas Koperasi Perdagangan , UMKM Pemprovsu dan Diskoperindag UMKM Padang lawas.Diikuti 97 siswa dengan keseluruhan peserta 1530 orang.

Acara dirangkai dengan Penandatanganan Pencanangan Festival Wirausaha UMKM oleh Plt.Bupati Padang Lawas , sekaligus Penyerahan Cendramata dari Kepala Sekolah SMKN I Barumun kepada Plt.Padang lawas , digelar di Aula SMKN l Barumun Jln.Karya Pembangunan.Kel.Pasar Sibuhan Kec.Barumun kab.Padang Lawas. Jum’at (4/2).

Dr.H.Mukmin Saipul.M.Pd selaku Kepala Sekolah SMKN I , mengucapkan terima kasih kepada Para hadirin yang telah menyempatkan waktu , untuk hadir ditempat ini.

Sekaligus beliau merasa bangga atas kreatif dan Inovatif dari anak didik yang telah melaksanakan Festival Wirausaha UMKM ini , hingga Sukses.

Harapan beliau meminta kepada anak didik teruslah berkarya , berinofasi untuk kemajuan.” Ungkap beliau.

Nur Augus Fahmi.SE.MCS Wakil Dekan Fakultas Ekonomi bag.Kopadi Kewirausahaan mewakili dari UISU , dalam sambutannya , mengucapkan terima kasih kepada Stackeholder , hadirin dan peserta yang telah mensukseskan acara ini.

Beliau mengatakan acara ini dibagi atas 3 bagian.Pertama , Workshop membatik Oleh UKM Center UISU dilaksanakan di Aula Serbaguna SMKN I. Kedua , Workshop Digital Marketing oleh Nur Augus Fahmi.SE.Mcs.Kopadi Kewirausahaan UISU dilaksanakan di Ruang Komputer SMKN I. Ketiga , Bazar Produk UMKM dilaksanakan di Lapangan Bola Volly SMKN I .” ungkapnya

Selanjutnya Plt.Bupati.Drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.Cht.MM.M. meminta agar Produk UMKM dari Padang Lawas mempunyai Ciri Khas berupa Oleh – Oleh , buah tangan , Ulos , Amak Langkat ( tikar Langkat ).”harapnya.

Turut hadir , Kadis Koperasi Perdagangan UMKM Padang Lawas A.Gozali SE.Kadis Pendidikan dan Kebudayaan.H.Rosidawati Suriani.S.Pd , Asisten II bid.Ekonomi.Marza Zenova.S.Stp. Stap.ahli.Ir.Abdullah Nasution , Kapolres AKBP.Indra Yanitra Irawan.Sik.M.si , Kejari Teuku Herizal. SH.MH , Ketua PN (tim).