Bimnews24.com, Karo. – Pengamanan ketat terus dilakukan dalam pelaksanaan Seeding Run cabang olahraga balap sepeda downhill dalam rangka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di MTB Arena TAHURA Bukit Barisan, Kabupaten Karo.

Acara yang berlangsung pada Minggu(08/09/2024) pagi ini melibatkan puluhan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Eko Yulianto, S.H., S.I.K., M.M., M.Tr. Opsla, turun langsung melakukan pengecekan kesiapan pengamanan di lapangan. Menurutnya, pengamanan berjalan dengan lancar berkat sinergi antara personel Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, Basarnas, dan tim medis.

“Kami memastikan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, mulai dari kategori awal XCR hingga kategori terakhir ini DHI (Downhill Individual), kami tetap berikan maksimal melibatkan 28 personel Polri, 10 personel Kodim 0205/TK, serta tim gabungan lainnya. Semuanya sudah ditempatkan sesuai tugas dan tanggung jawab masing masing,” ujar AKBP Eko Yulianto saat ditemui di lokasi start.

Seeding run ini merupakan babak penentuan posisi untuk final run yang akan digelar besok, Senin(09/09). Para atlet putra dan putri berlomba menyelesaikan rute downhill sejauh 1570 meter di ketinggian Bukit Barisan, yang terkenal dengan jalur teknis dan tantangannya.

Dalam kategori putra, atlet dari Jawa Timur berhasil menempati posisi pertama, disusul oleh kontingen dari Sumatera Selatan dan kembali atlet dari Jawa Timur di posisi ketiga. Sedangkan untuk kategori putri, atlet Jawa Timur juga memimpin di posisi pertama, diikuti oleh Jawa Barat dan Aceh.

“Jalur di Bukit Barisan ini cukup menantang, tapi semua atlet dapat menyelesaikan dengan baik. Kami siap mengamankan jalannya final run besok dan memastikan situasi tetap kondusif hingga acara selesai,” lanjut AKBP Eko Yulianto.

Seeding run yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 10.34 WIB ini berjalan tanpa hambatan. Seluruh peserta berhasil menyelesaikan pertandingan dengan aman, dan kegiatan ini mendapat pengawasan ketat dari berbagai pihak. Final run untuk cabang downhill akan dilaksanakan besok Senin 9 September 2024.

“Kami berharap semua atlet dapat menunjukkan performa terbaiknya dalam final run besok, dan kami dari jajaran kepolisian akan terus memastikan keamanan selama jalannya pertandingan hingga PON XXI ini selesai,” tutup AKBP Eko Yulianto.(Jas).